Kamis, 15 Maret 2012

Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal

Berikut ini adalah biografi Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal. 

Beliau dilahirkan di Ambon, 24 Januari 1984 dan sejak tahun 1986 menetap di Jayapura, Irian (sekarang Papua). Beliau menyelesaikan pendidikan formal dari SD sampai SMU di kota Jayapura dan semuanya dari sekolah negeri. Di tahun 2002, beliau masuk jaringan Pemilihan Bibit Unggul Daerah (PBUD) dan diterima di jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Di bangku kuliah inilah, beliau banyak mengenal agama mulai dari mempelajari Bahasa Arab melalui program Badar (Bahasa Arab Dasar) di tahun 2003. Setelah itu sambil menjalani kuliah di kampus, beliau melanjutkan pendidikan agama di Mahad Al Ilmi yang dikelola oleh Lembaga Bimbingan Islam Al Atsary (LBIA), sekarang berubah nama menjadi Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari. Selama dua tahun (2003-2005),  beliau  menyelesaikan program di Ma’had Al ‘Ilmi dengan mempelajari aqidah, fiqih, hadits, ushul fiqh, dan bahasa Arab. Setelah itu  beliau banyak mulazamah (belajar langsung) dengan Ustadz Abu Isa dalam mendalami masalah aqidah dan Ustadz Aris Munandar, SS dalam mendalami fiqih, ushul fiqih, qowaidul fiqh serta kitab-kitab Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan Ibnul Qayyim. Juga dalam setiap kesempatan liburan, beliau mengikuti dauroh kitab yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari atau lembaga lainnya di Yogyakarta. Di tahun 2007 tepatnya bulan Februari, beliau lulus dari Teknik Kimia, UGM, meraih gelar Sarjana S1.
Setelah lulus dari S1, beliau menyibukkan diri dengan menulis karya ilmiah seputar agama dengan berawal dari blog sederhana di Wordpress hingga berkembang menjadi web rumaysho.com.


Amanat yang diemban beliau saat ini: Pimpinan Redaksi Buletin Dakwah At Tauhid (terbit setiap Jumat ), Pimpinan Redaksi Web Muslim.or.id, Pembina Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (Pengusahamuslim.com), Staf Syariah Majalah Pengusaha Muslim, dan General Manager Jejak Business Community. Aktivitas mengajar ilmu diin: Mahad Al Ilmi dan Ma’had Umar bin Khattab (keduanya dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari), radiomuslim.com dan pengajian sekitar UGM.


Di antara buku hasil karya beliau yang telah terbit adalah: Bagaimana Cara Beragama yang Benar (diterbitkan oleh Pustaka Muslim, 2007), Buku Panduan Ramadhan (diterbitkan oleh Pustaka Muslim, 2009). Ada beberapa tulisan yang diterbitkan dalam bentuk leaflet (berukuran kecil dan sederhana) antara lain: Panduan Hari Raya Idul Fithri, Mudik Lebaran Penuh Berkah, Untukmu Saudaraku yang Dirundung Sakit, Masa Muda Bukan Masa untuk Foya-foya. Tulisan-tulisan ilmiah lainnya dapat pula ditemukan di rumaysho.com, muslim.or.id, Buletin Dakwah At Tauhid, pengusahamuslim.com, remajaislam.com, dan Majalah Pengusaha Muslim. 


Berikut adalah Biografi beliau:




Nama lengkap   : Muhammad Abduh Tuasikal, ST
TTL                   : Ambon, 24 Januari 1984
Orang Tua        : Usman Tuasikal, SE dan Zainab Talaohu, SH
Alamat              : Dusun Warak, Desa Girisekar, Panggang, Gunung Kidul
Status               : Sudah menikah dengan Rini Rahmawati, saat ini memiliki dua anak (Rumaysho dan Ruwaifi’)
Pendidikan Formal:

-   Pendidikan Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas di Jayapura, Papua
-   Sarjana Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (2002-2007)
-   Sedang menempuh S2 di Jami'ah Malik Su'ud - King Saud University (Riyadh-KSA) mulai September 2010. Jurusan: Chemical Industry Engineering, Konsentrasi: Polymer Engineering
Pendidikan Non Formal (Belajar Islam):

-   Ma’had Al ‘Ilmi, Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari Yogyakarta (2004-2006)
-   Mulazamah dengan Ustadz Aris Munandar, MPI (membahas berbagai bahasan fikih, ushul fikih, qowa’idul fikih, kitab Ibnul Qayyim dan Ibnu Taimiyah) dan Ustadz Abu Isa (membahas Aqidah dan Tauhid).
-   Kajian mingguan (setiap Jum’at) bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, MA hafizhohullah (lulusan Doctoral di Jami'ah Al Imam Muhammad bin Su'ud  Riyadh). Tema bahasan yang pernah dikaji dari beliau: Fikih Muamalah, Fikih Puasa dan Fikih Haji.
-   Kajian tematik bersama para ustadz Mahasiswa Pascasarjana di Jami'ah Al Imam dan Jami'ah Malik Su'ud (Riyadh-KSA) mempelajari (di antaranya) Fikih Zakat, Fikih Waris, Fikih Mu'amalah Kontemporer.
-   Durus (kajian) harian Syaikh Sholeh Al Fauzan hafizhohullah. Kitab yang pernah dikaji dari beliau: Al Muntaqo Al Akhbaar (Majd Ibnu Taimiyah - Fikih), Mukhtashor Zaadul Ma'ad (Muhammad At Tamimi – Shiroh Nabawiyah), Tath-hirul I'tiqod (Ash Shon'ani - Aqidah), Ad Duurur An Nadhid fii Ikhlaasi Kalimatit Tauhid (Asy Syaukani - Aqidah), Tafsir Juz ‘Amma, Kitab Shalah dari Syarh Al 'Umdah (Ibnu Taimiyah - Fikih).
-   Durus (kajian) Syaikh Sa’ad Asy Syitsriy hafizhohullah setiap Kamis sore. Kitab yang pernah dikaji dari beliau: Kitab At Tauhid (Muhammad At Tamimi - Aqidah) dan Manhajus Salikin (As Sa’di – Fikih).
-   Durus (kajian) Syaikh Hammad Al Hammad hafizhohullah setiap Senin sore. Kitab yang pernah dikaji dari beliau: Kitab At Tauhid (Muhammad At Tamimi - Aqidah) dan berbagai kutaib lainnya dengan beragam tema.
- Durus ulama yang pernah dihadiri: Syaikh 'Abdullah Al 'Ubaid (40 hadits tentang keutamaan sahabat dan hadits tentang fitnah), Syaikh 'Abdul 'Aziz Ar Rois (pembahasan Ushulus Sittah), Syaikh Nashir Al 'Umar (pembahasan keutamaan sahabat), Syaikh Kholid Maghomisi (pembahasan keutamaan sahabat), Syaikh 'Abdul Karim Al Khudair (pembahasan sikap salaf dalam menghadapi fitnah), Syaikh 'Abdurrahman Al 'Ajlan (kajian tafsir di Masjidil Haram Mekkah), Syaikh Kholid As Sabt (pembahasan fitnah akhir zaman).
Kesibukan:

-   Penulis artikel islami di muslim.or.id, Buletin Dakwah At Tauhid, pengusahamuslim.com, rumaysho.com dan remajaislam.com
-   Penasehat syari'ah sekaligus kontributor tema syari’ah Majalah Pengusaha Muslim
-   Pimpinan redaksi muslim.or.id.
-   Da’i di Maktab (Islamic Center) Bathah Riyadh, KSA.
-   Mahasiswa Magister Polymer Engineering King Saud University, Riyadh, KSA.
-   Pekerja di Sabic Laboratorium (Chemical Industry Engineering, KSU Riyadh, KSA).
-   Pimpinan Pesantren Darush Sholihin di Dusun Warak, Desa Girisekar, Panggang, Gunung Kidul, Yogyakarta.
Karya Penulis:

1. Bagaimana Cara Beragama yang Benar? (Terjemahan Syarh Al Aqidah Ath Thohawiyah), Pustaka Muslim, tahun 2008.
2. Panduan Ramadhan, terbitan Pustaka Muslim, cetakan 2009, 2010 dan 2011.
3. Mengikuti Ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam Bukan Teroris, Pustaka Muslim, tahun 2011.
4. Brosur Mudik Penuh Berkah, terbitan YPIA.
5. Brosur Panduan Shalat Idul Fithri, terbitan YPIA.
6. Brosur Untuk Saudaraku yang Dirundung Sakit, terbitan YPIA.
7. Brosur Nasehat untuk Pemuda, terbitan FKIM.
8. Berbagai tulisan di Buletin Dakwah At Tauhid, terbitan YPIA.
9. Artikel Rubrik Oase di Majalah Pengusaha Muslim setiap edisi.
10. Artikel Rubrik Fiqih Ibadah di Majalah Fatawa beberapa edisi.
11. Artikel Hari Kiamat Tahun 2012 di Majalah Al Furqon.
12. Artikel Kerusakan di Tahun Baru di Majalah Al Furqon.
13. Berbagai tulisan di www.muslim.or.id
14. Berbagai tulisan di www.remajaislam.com
15. Berbagai tulisan di www.rumaysho.com
16. Berbagai tulisan di www.pengusahamuslim.com
17. Berbagai tulisan di www.konsultasisyariah.com
dll.

YM: mabduhtuasikal
Gtalk: rumaysho
Skype: Muhammad Abduh Tuasikal
Twitterrumayshocom
Mobile:
+966 551 824 977 (Riyadh, Saudi Arabia)
+62 815 680 7937 (Panggang, Gunung Kidul, DIY, Indonesia)
Saran, kritik dan pertanyaan seputar agama (yang kami mampu menjawabnya) silakan tujukan ke kontak kami:rumaysho@gmail.com atau YM: mabduhtuasikal



Tidak ada komentar:

Posting Komentar